Minggu, 16 Desember 2012

Kulit yang berbicara



Kulit merupakan lapisan terluar yang membungkus seluruh permukaan tubuh manusia. Sebagian besar kulit ditumbuhi rambut.

Struktur Kulit Kulit memiliki luas sekitar 2 m persegi. Ketebalan kulit pada setiap bagian tubuh berbeda-beda (0,5–5 mm) dan rata-rata ketebalannya 1–2 mm. Berdasarkan strukturnya kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu epider-mis (kulit ari), dermis (kulit jangat), dan hipodermis (jaringan ikat bawah kulit).
image
1) Epidermis
Epidermis terdiri atas beberapa lapis berikut.
a) Stratum korneum (lapisan tanduk)
Stratum korneum merupakan lapisan kulit yang paling luar, tersusun atas sel-sel mati yang bersifat keras, tahan terhadap air, dan selalu mengelupas (deskuamasi).
Lapisan ini akan mengalami pembaruan selama proses keratinisasi (pembentukan zat tanduk/keratin).
b) Stratum lusidum
Stratum lusidum tersusun atas sel-sel yang tidak berinti dan berfungsi mengganti stratum korneum.
c) Stratum granulosum
Stratum granulosum tersusun atas sel-sel yang berinti dan mengandung pigmen melanin.
d) Stratum germinativum
Stratum germinativum tersusun atas sel-sel yang selalu membentuk sel-sel baru ke arah luar.
2) Dermis
Dermis terletak di bawah epidermis. Lapisan ini mengandung akar rambut, pembuluh darah, kelenjar, dan saraf. Kelenjar yang terdapat di lapisan ini adalah kelenjar keringat ( glandula sudorifera) dan kelenjar minyak (glandula sebasea ). Kelenjar keringat mengha persegi kulit manusia dipasangi sensor kamera, semua kegiatan manusia yang diberi sensor perekam itu akan terekam semuanya.
Bayangkan apabila suatu saat nanti kulit manusia diberi kemampuan untuk memutar balik rekaman peristiwa yang dilakukannya, pasti akan terkuak semuanya. Seperti kata Al Quran yang sedikit memberikan gambaran bagaimana kelak setiap orang akan diadili berdasarkan saksi-saksi yang sangat jujur dan akurat: 
(20)Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.(21)Dan mereka berkata kepada kulit mereka: "Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" Kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan." (QS Fushilat: 20-21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar